8 Foto penampakan jalan Trans Papua, proyek prestisius era Jokowi

8 Foto penampakan jalan Trans Papua, proyek prestisius era Jokowi

8 Foto penampakan jalan Trans Papua, proyek prestisius era Jokowi

davidhullmusic.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini terus-menerus menggempur berbagai wilayah penjuru Indonesia dengan pembangunan infrastruktur. Presiden ke-7 Republik Indonesia ini memang tak ingin pembangunan hanya ada di Pulau Jawa, melainkan menyeluruh dan merata dari Sabang hingga Merauke.

Salah satu proyek infrastruktur yang sangat gila ialah Jalan Trans Papua. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis proyek yang membelah gunung tersebut akan bisa menghubungkan seluruh wilayah pada 2018-2019. Selain karena pengerjaannya yang terus dipantau, proyek ini juga kerap mendapat pengecekan oleh Presiden Jokowi sendiri.

"Tidak hanya untuk mendorong perkembangan ekonomi di perkotaan, tetapi membangun infrastruktur di perbatasan juga untuk mengurangi ketimpangan. Pembangunan jalan itu prinsipnya agar bisa lebih cepat, aman dan murah," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono usai acara Indonesia Outlook 2017, Membangun Peradaban Transportasi Indonesia di Jakarta, Kamis (26/1).

Hingga saat ini pembangunan terus digenjot untuk menyelesaikan Jalan Trans Papua yang terdiri dari tujuh ruas tersebut. Ketujuh ruas itu di antaranya Jayapura-Wamena-Mulia, Jayapura-Sarmi, Jayapura-Hamadi-Holtekamp-Perbatasan Papua Nugini, Merauke-Waropko, Timika-Mapurujaya-Pomako, Nabire-Waghete-Enarotali, dan Serui-Menawi-Subeba. Sedangkan yang berlokasi di Papua Barat, di antaranya Manowari-Sorong, Manokwari-Bintuni, Fakfak-Hurimber-Bomberay, dan Sorong-Mega.

1. Kementerian PUPR awalnya membelah pegunungan Wamena-Habema-Kenyam-Mamugu‎ untuk membangun jalan sepanjang 278,6 Km yang ditargetkan tersambung tahun ini.

 

2. Jalan Trans Papua memiliki total panjang 4.330,07 Km.

 

3. Kehadiran jalan tersebut sangat penting untuk menekan harga barang-barang bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan Wamena, Papua.

 

4. Dengan terus ditingkatkannya pembangunan, data hasil riset Global Competitiveness Index Tahun 2016, Indonesia berada pada peringkat 64, atau naik dari tahun 2015 di peringkat 72.

 

5. Jalan Trans Papua memiliki total panjang 4.330,07 Km. Sampai akhir tahun 2016, sudah tembus 3.851,93 Km.

 

6. Jalan Trans Papua juga membelah Pegunungan Arfak Papua Barat. Menteri Basuki Hadimulyono harus mengendarai sendiri kendaraanya selama 5 jam untuk meninjaunya.

 

7. Presiden Joko Widodo juga telah meresmikan Jembatan Holtekamp sepanjang 733 meter yang merupakan jembatan terpanjang di Papua sebagai landmark Indonesia di kawasan Timur dan Pasifik.

 

8. Ini rencana pembangunan jembatan Holtekamp yang bakal bernilai prestisius di Papua. Semoga lancar pembangunannya.